Sunday, April 22, 2007

Kebelet pipis?

Pernah tidak mengalami kejadian seperti ini :
  • pulang dari mall rasanya biasa aja, tapi begitu sampai di depan pintu rumah..ehh tiba-tiba pengen pipis, trus kasak-kusuk nyari kunci pintu (akhirnya dapat) sambil goyang (karena udah pengeeen banget pipis).., masuk ke dalam rumah..tapi belum lagi sampai di toilet....ehh ternyata udah bocor duluan..(untung sudah di rumah ya???)
  • atau yang ini: ketemuan ama teman lama di mall.. trus ngerumpi sambil ngakak ha..ha..hi.hi, eh..tidak tahunya pas ngakak-nya ke-kencengan...kok kayak ada yang "basah" di bawah...

Anda mungkin menganggap itu adalah hal yang biasa dan tidak perlu terlalu dipusingin, hingga merasa tidak perlu mencari tahu. Tapi gimana nih..jika "kebelet pipisnya" ditengah-tengah meriahnya pesta, atau pas lagi berdiri manis-nis di atas podium dengan puluhan pasang mata menatap kagum ke arah anda...trus "bocor"...

Nah..untuk menghindari hal-hal yang seperti ini, sebaiknya kenali diri anda semenjak dini. Bisa jadi hal-hal seperti di atas terjadi karena anda sebenarnya terserang "inkontinentia urin" atau gak bisa nahan pipis trus ngompol....(bisa jadi kan??).

Salah satu faktor penyebab inkontinensia urin ini adalah lemahnya otot dasar panggul (pelvic floor muscle). Otot ini dalam keadaan normal seharusnya bisa mengatur kerja katup saluran kemih (sphincter), menyanggah organ-organ internal panggul (yang mungkin lumayan berat...apalagi kalau sementara hamil...wuiihh) dan menghadirkan sensasi "nyaman" pada saat berhubungan seksual. Nah kebayangkan kalau otot-otot ini menjadi lemah dan tidak bekerja sebagaimana mestinya?

Faktor-faktor yang bisa memicu kelemahan ini antara lain seperti udah pernah melahirkan berulang-ulang (multipara), punya riwayat infeksi saluran kencing, merokok, kegemukan, batuk kronik atau sembelit yang berulang.

Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa kelemahan otot dasar panggul ini bisa di atasi dengan melatih secara rutin otot dasar panggul tersebut (pelvic floor muscle training/PMFT) plus core exercise untuk otot perut yang berhubungan dengan otot panggul.

Caranya??? lihat di posting yang lain...yah

No comments: